Minggu, 31 Desember 2017

OCEHAN ORANG


Apapun Yang kita lakukan selalu saja ada orang yang mengatai, baik itu positif maupun negative. saya pernah membaca sebuah kisah dan mungkin andapun pernah mendengarnya. ini saya petik dari sebuah buku kisah nasrudin yang memang konyol namun memiliki inti pesan yang sangat bermanfaat untuk kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
dalam kisah tersebut kurang lebih seperti ini , suatu hari Nasrudin bersama Anaknya hendak kerumah saudaranya yang hendak membeli Keledainya . dan pasti dalam perjalananya Nasrudin membawa serta Keledai kesayangannya.


  • Nasrudin berjalan dan bertiga Nasrudin berjalan, anaknya berjalan, dan keledaipun di tuntun oleh Nasrudin . ditengah jalan dia bertemu sahabatnya dan mengatakan " Hai Nasrudin ... mengapa tidak engkau naiki Keledai itu, bukankah dia cukup kuat untuk membawa suatu beban, 
  • Akhirnya Nasrudin pun mengangkat anaknya dan menaikkan anaknya di punggung kuda. Mereka melanjutkan perjalanan dan anaknya senang karena tidak kelelahan ,  namun tak berapa lama Nasrudin bertemu dengan adiknya, dan mengatakan " hai keponakanku mengapa engkau tidak tau diri . Engkau merasakan enak diatas keledai sedangkan orang tuamu harus berjalan tertatih-tatih, bukankan orang tuamu sudah renta dan engkau masih cukup kuat untuk berjalan" akhirnya Nasrudinpun menuruti apa yang dikatakan adiknya. 
  • Nasrudin akhirnya menurunkan anaknya dan naik kepunggung kuda, dan mereka melanjutkan pejalanan. lewatlah dia disebuah pasar , dan nasrudin bertemu dengan pamannya. pamannya heran mengapa Nasrudin tidak mengajak serta anaknya naik keledai , sedangkan keledai itu cukup kuat membawa mereka berdua. maka paman Nasrudinpun berkata " Hai Nasrudin Keledaimu cukup kuat untuk membawamu berdua "
  • Nasrudinpun Naik dan mereka melanjutkan perjalanan dengan berdua Naik di atas Kuda. tak berapa lama mereka berjalan tetangga mereka yang cerewet mengatakan "hai Nasrudin apakah engkau tidak Kasihan pada keledaimu, lihatlah dia begitu kelelahan membawa beban kalian berdua, dasar kalian berdua orang yang tidak berperasaan. yang tidak memiliki belas kasihan, apakah hanya karena Hewan engkau bisa memperlakukan dia dengan sangat kejam, aku baru kali ini saja aku melihat orang sekejam ini" . Karena mendapat perkataan yang cukup pedas spontan Nasrudin turun dari kuda dan tak lupa dia juga menurunkan anaknya serta bekal perjalanannya dia suruh membawa anaknya.
  • akhirnya Nasrudin Menggendong Keledai itu meski berat beban Nasrudin namun dia tetap menggendong karena tidak ada alternatif lain, dan sepanjang perjalan semua orang mencibir , menghujat, mengolok, mentertawakan, dan bahkan mengatakan Orang gila...
Inti pesan dari kisah ini adalah bahwa apapun yang kita lakukan selalu ada orang yang mengatakan kegiatan kita dan itu adalah risiko. yang penting dalam melakukan sesuatu itu menurut kacamata kita, kacamata sosial, kacamata adat, kacamata agama itu adalah benar, bermanfaat so lanjutkan jangan pernah mendengar ocehan orang. ocehan orang boleh kita dengar ,boleh kita pakai tapi tetap kembali pada diri kita sendiri, kita yang bisa mengukur kemamouan dan sumberdaya kita sendiri.
lakukan sesuatau yang sudah kita rencanakan jangan takut pada Ocehan orang.... karena

" APAPUN YANG KITA LAKUKAN AKAN ADA OCEHAN ORANG"

Salam Hangat
kiss and love
"Istianah Listy"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar